Minggu, 21 Januari 2018

PIDATO MENUNTUT ILMU




Rounded Rectangle: INTRIS NAILUL MUNA
SMK TAKHASUS KALIWUNGU
URGENSI MENUNTUT ILMU
Assalamu'alaikum Wr Wb
Segala puji hanyalah milik Allah Swt, yang telah mengangkat derajat umat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh makhluk ciptaannya. Sholawat beserta salam semoga selamanya tercurah limpahkan kepada panutan alam, pemimpin umat manusia yakni habibana wa nabiyyana Muhammad Saw, serta kepada para keluarga, sahabat, dan kepada umatnya yang senantiasa taat menjalankan ajarannya sampai hari kiamat.

Hadirin Rahimakumullah
Ilmu adalah cahaya kehidupan yang diberikan Allah kepada manusia. Dengan ilmu seseorang dapat memperoleh petunjuk untuk mengarungi kehidupan yang penuh dengan beragam persoalan dan permasalahan. Dengan ilmu, manusia dapat membedakan mana yang hak dan batil. Serta dengan ilmu pulalah seorang hamba bisa menjadi muslim sejati. Oleh sebab itu, kita semua wajib menuntut ilmu setinggi-tingginya yang tak lekang zaman dan waktu. Atau istilahnya “Long Life Education”.  
Jika seseorang memiliki ilmu, maka ia akan mendapatkan tempat istimewa di sisi Allah. Seperti  yang telah kita ketahui bersama, bahwa Allah akan mengangkat derajat manusia berdasarkan Iman dan  Ilmunya. Sebagaimana dijelaskan dalam Firman Allah (Qs Al-Mujadalah : 11)

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُ
            Dalam kitab ihya ulumuddin juz awal, imam ibnu abbas menafsirkan ayat tersebut bahwa derajat para ahli ilmu yaitu 700 derajat dibanding yang lainnya. Yang mana 1 derajat sama dengan sejauh perjalanan 500 tahun.

Hadirin Rahimakumullah
Hukum mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan. Lalu pertanyaannya, ilmu apakah yang harus kita cari? Ilmu itu terbagi dalam  dua kategori, ilmu agama dan ilmu umum. Pertama, hukumnya menjadi fardhu ‘ain untuk mempelajari ilmu agama seperti aqidah, fiqih, akhlak serta Al-Qur’an. Ilmu-ilmu ini bersifat praktis, artinya setiap muslim wajib memahami dan mempraktekkan dalam pengabdiannya kepada Allah.
Kedua, hukumnya menjadi fardu kifayah untuk mempelajari ilmu pengetahuan umum seperti : ilmu sosial, kedokteran, ekonomi serta teknologi dan lain sebagainya. Fardu Kifayah artinya tidak semua orang dituntut untuk memahami serta mempraktekkan ilmu-ilmu tersebut, boleh hanya sebagian orang saja. Namun demikian, kita hendaknya tidak membeda-bedakan antara ilmu umum dan ilmu agama. Keduanya perlu kita dalami untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Hadirin Rahimakumullah
Kewajiban menuntut ilmu ini ditegaskan dalam hadits nabi, yaitu :
طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ. (ابن عبد البار).
Secara jelas dan tegas hadits di atas menyebutkan bahwa menuntut ilmu itu diwajibkan bukan saja kepada laki-laki, juga kepada perempuan. Tidak ada perbedaan bagi laki-laki ataupun perempuan dalam mencari ilmu, semuanya wajib tidak terkecuali.
Pada intinya, ilmu itu sangat penting, karena ia sebagai wasilah (sarana) untuk bertakwa kepada Allah. Dengan takwa inilah manusia menerima kedudukan yang terhormat di sisi Allah Swt. Apalagi kita sebagai pemuda Islam dan berstatus sebagai pelajar. Kita hendaknya menuntut ilmu dengan penuh kegigihan dan keuletan. Supaya kehidupan kita lebih baik di masa akan datang.

Hadirin Rahimakumullah
Demikian uraian singkat dari saya mohon maaf atas segala kesalahan dan kealfaan. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat dalam rangka mencari dan mempelajari tentang ilmu.

Wassalamu'alaikum Wr Wb






Tidak ada komentar:

Posting Komentar