Minggu, 20 Maret 2011

bahasa arab





شروط التعليم الناجح


المتعلم كائن حي له خصائصه نمائية تطورية تؤثر على عملية تعلمه, وله حاجات وميول ورغبات تعمل كدوافع للتعلم, وله خمس حواس, وله عقل يعتبر مركز التعلم الرئيسي, يتأثر بعدة عوامل داخلية وخارجية ولايعيش في فراغ بل في وسط اجتماعي.إذا لابد من العناية بنموره وتطوره إطار طبيعته دون حرمان وضغط, وبطريقته تتوافق مع طبيعته ومجتمعه.
ولكي يتم التعلم, لابد من توافر عدد من الشروط الأساسية التي تعتبر متطلبات أساسية للتعلم, ومنها يرتبط بالمتعلم نفسه, ومنها مايرتبط بعملية التعلم, ومنه يرتبط موضو التعلم. وسنتناول هذه الشروط بالتوضح, وهي
:
المتعلم يتعلم في والنضجه واستداده..1)
النضج نوعان: النضج العضوي وهو النمو الجسدي السوي لأعضاء الجسم.وهذا شيء أساسي لحدوث التعلم طريقة صحيحة. والنض العقلي هو درجة النمو العامة في الوظائف العقلية المختلفة مثل درجةالذكاء. والقدرة على التفكير والتخيل الربط والتحليل والتركيب. والنضج يدفع المتعلم حمسة في التعلم, لأنه يعاون المتعلم على معرفة إمكانياته وتحديد ما يستطيع أن يقوم به من نشاط تعليمي. والنضج والتعلم يتداخلانتداخلا معقدا في عملية النمو, فاكتساب مهارة معينة هو التعلم ولكن القدرة على اكتساب تلك المهارة تعود الى النضج
.
2) التعلم يعتمد على بيئة المتعلم.
 المتعلم تعلم بطريقة أفضل في مجال الخبرات المتصلة بحياته ومشلاته الحقيقية. فمشاهدة الشيء أو الخبرة المباشرة تغرس في المتعلم حبا للعلم بخلاف التعلم عن طريقة عملية التخيل أو الخبرة غير المباشرة
.
3) التعلم يرتبط بأهدف ودوافع المتعلمز.
يكون التعلم أكثر كفاية وذا فائدة حينما يرتبط بأهدف ودوافع المتعلم الخاصة. فيزداد الطالب نشاطا في القيام بالتعلم. والدوافع تنقسم إلى نوعان: أ- دوافع داخلية: وهي أن يتعلم المتعلم لرغته وإرادته. ب- ووافع الخرجية: وهي أنيتعلم أشياء لايرغب فيها حرفا من العقاب. فالمتعلمون في هذه الحالة ينسون المعلومات المتعلمة بعد فترة وجيزة من أداء الاختبار. ونجد أن الدافع الداخلي أكبر أثرا على نوع التعلم من الدافع الخارجي
.
4) التعلم يعتمد على شمول الخبرة..
التعلم وحدة متكاملة. فالمتعلم لايتعلم شيئا واحدا في الموقف الواحد, ونو التعلم يعتمد على نوع  الخبرة التي يمر حبا الانسان. فقد لأثار الانفعالية الناتجة عن تعلم درس في لقراءة أغمق رسوخا من تعلم القراة ذاتها. والتعم الحقيقي ليس مجرد إضافة خبرات جديدة فحسب, بل هو إعادة بناء الخبرات.    




5) التعلم يحتاج إلى مراعا ة الفروق الفردية بين المتعلمين..
ومن المعلوم أن كل متعلم يختلف عن الأخر في سرعة تعلمه. فينبغى على المدرس أن يراعي تلك الفروق أثناء تعليمه ويهيئ الخبرات اتي تلائم المستويات المختلفة للطلاب بالإضافة إلى إعادة النظر في نظم الإمتحانات وطرق التدريس.
6) اختيار وتنظم مواد التعلم..
 المواد العلمية والأنشطة والخبرات التعليمية يجب أن تكون ذات معنى للمتعلم بحيس تتابس مع ميوله وقدراته وأيتم تتظيمها بطريقة تتاسب مع طبيعة نموه وتقدم موافقه. فالنظريات المعنوية مثلا ل تتاسب مع تلميذ الصف الأول الابتدائي. وإذا لم ترتبط الخبرات بالحياة سوف يلجأ التلاميذ لعملمية الحفظ والإسترجاع
.
7) التعلم يربط بالمدرس الجيد..
المعلم المؤمل علميا وتربويا, والذى يمتلك مهارت وقدرات وخبرات تدريسية يكون اقدر على تعليم تلاميذه من المعلم غير المؤهل. والمعلم المدرب فى الغلب يكون ملما باحدس طزق الدريس ويعرف خصائص التلاميذ الذين يدرس لهم, وبالتالى فيحسن المدرس إحتيار طريقة تعليمهلكونه قادرا على أن يستخدم طريقة التدريس المشوقة التى تتناسب مع موضع درسه. وذلك كل يؤدي إلى نجاح التعليم والتعلم. ما أحسن الأستاذتدريسا وما أحسن المتعلم ذكاء. "مدخل إلى المناهج وطريق التد ريس"ص  78-81 بتصرف.




               Syarat pendidikan berhasil

        organisme Learner memiliki karakteristik pengaruh evolusi perkembangan pada proses pembelajaran, dengan kebutuhan dan preferensi dan keinginan motivasi kerja untuk belajar, dan memiliki lima indera, dan memiliki pikiran adalah pusat belajar utama, dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal beberapa dalam ruang hampa tetapi di tengah-tengah sosial. Jika Anda harus mengurus .....dan pengembangan bawah tekanan normal dan tanpa kekurangan, dan dengan caranya sendiri sesuai dengan sifat dan masyarakat.
        Dalam rangka untuk belajar, untuk menjadi ketersediaan sejumlah kondisi dasar yang merupakan persyaratan penting untuk belajar, yang terkait dengan pelajar sendiri, termasuk proses pembelajaran, dan dari tema yang terkait dengan belajar. Kami akan membahas kondisi itu dengan jelas, yaitu:

1) pelajar belajar di
……..
Jatuh Tempo dari dua jenis:. Kematangan organik, dan pertumbuhan fisik yang tepat bagi anggota tubuh ini sangat penting untuk mempelajari cara yang benar terjadi. Dan pencucian adalah tingkat pertumbuhan mental dalam fungsi mental umum seperti Drjpalzca berbeda. Dan kemampuan untuk berpikir dan membayangkan dan analisis keterkaitan dan sintesis. Jatuh tempo dan membayar pelajar HMSP dalam belajar, karena membantu pelajar untuk mengetahui potensi dan menentukan apa yang dapat dilakukan dari kegiatan pendidikan. Dan kedewasaan dan pembelajaran yang kompleks Itdakhlantdakhla dalam proses pertumbuhan, Vakedzab adalah belajar keterampilan tertentu tetapi kemampuan untuk mendapatkan keterampilan itu kembali hingga jatuh tempo.



2). Belajar tergantung pada lingkungan pelajar.
 Pelajar untuk belajar lebih baik dalam hidupnya dan pengalaman yang berkaitan dengan Mfalth nyata. Melihat hal atau pengalaman langsung menanamkan cinta pembelajar ilmu lain daripada belajar bagaimana proses imajinasi atau pengalaman langsung.

3). Bohdv terkait pembelajaran dan motivasi pelajar.
Belajar adalah lebih efisien apabila kepentingan terkait dan tindakan Bohdv dan motivasi pelajar. Menjadi semakin aktif dalam belajar siswa lakukan. Dan motif dibagi menjadi dua jenis: A - faktor internal: yaitu, bahwa pelajar belajar untuk Rgth dan kehendak-Nya. B - The Kherjip bebal: Ini Onitalm Dabbagh mengatakan hal-hal dengan karakter hukuman. Valmtalmon dalam hal ini mereka lupa pelajari informasi lama setelah kinerja ujian. Kami menemukan bahwa dampak yang lebih besar dari motivasi internal pada jenis motivasi untuk belajar dari luar.

4). Belajar tergantung pada pengalaman inklusi.
Belajar dan unit yang terintegrasi. Peserta didik untuk Aitalm satu hal di satu posisi, Nu tergantung pada jenis pengalaman belajar yang akan melalui cinta manusia. Hal itu dikemukakan dari pembelajaran emosional dalam pelajaran membaca lebih gelap dibentuk untuk belajar membaca sendiri. Altam nyata dan tidak hanya menambah pengalaman baru, tetapi membangun kembali pengalaman.

5) pembelajaran perlu membawa mereka ke account e perbedaan individual diantara peserta didik.
Diketahui bahwa setiap pembelajar berbeda dari yang lain pada kecepatan belajar. Mereka harus memperhitungkan guru selama pengajaran perbedaan dan menciptakan pengalaman datang sesuai dengan berbagai tingkat siswa di samping memeriksa kembali sistem ujian dan metode pengajaran.

6) pemilihan dan pengorganisasian materi pembelajaran.
 bahan Ilmiah, kegiatan dan pengalaman pendidikan harus berarti bagi peserta didik Danau Ttubbs dengan selera dan kemampuan dan tidak diambil dengan cara Taatzimha Ttasp dengan sifat pertumbuhan dan memberikan persetujuan. Teori contoh moral bagi Ttasp dengan siswa kelas primer. Jika tidak terkait dengan pengalaman hidup siswa akan resor untuk Amlmip konservasi dan pemulihan.

7) menghubungkan belajar adalah perlu bahwa baik.
Guru diharapkan secara ilmiah dan secara mendidik, dan yang memiliki keterampilan, kemampuan dan pengalaman mengajar akan lebih mampu mengajar murid-muridnya guru berkualitas. Dan guru pelatih di outsmarting mengenal Bahds Tzk Drees dan mengetahui sifat-sifat para siswa yang belajar mereka, dan dengan demikian dengan baik guru Ihtiyar Talimhlkunh cara yang dapat digunakan dengan cara menarik mengajar sepadan dengan subjek penelitian. Dan bahwa semua mengarah pada keberhasilan belajar mengajar. Apa Alostaztdrisa intelijen terbaik dan berpendidikan terbaik. "Pengantar kurikulum dan melalui Altd Reims", hal: 78-81 kutipan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar